Sunday, October 27, 2013

LAHIRNYA CIRI KHAS DAN KARAKTERISTIK ELEMEN-ELEMEN KOMPOSISI MUSIK PADA SETIAP ERA/JAMAN By: BAYU WIRAWAN (“KING JAZZ”)

LAHIRNYA CIRI KHAS DAN KARAKTERISTIK ELEMEN-ELEMEN KOMPOSISI MUSIK PADA SETIAP ERA/JAMAN

By: BAYU WIRAWAN (“KING JAZZ”)




SEJARAH MUSIK KLASIK SEJAK MUSIK GREGORIAN TAHUN 590
Musik Klasik Dimulai Dengan Penemuan Notasi Gregorian Tahun 590 Oleh Paus Agung Gregori, Berupa Balok Not Dengan 4 Garis, Namun Notasi Belum Ada Hitungannya. Paus Gregory Semasa Hidupnya Telah Mencatat Lagu-Lagu Gereja Dengan Notasi Gregorian Tersebut. Sebelum Tahun 590 Musik Mengalami Kegelapan Tidak Ada Peninggalan Tertulis Yang Dapat Dibaca.

NOTASI GREGORIAN TAHUN 590
Notasi Musik Lahir Pada Tahun 590 Yang Disebut Notasi Gregorian, Yang Ditemukan Oleh Paus Agung Gregori, Di Mana Sebelumnya Musik Mengalami Kegelapan Tidak Ada Peninggalan Tertulis. Pada Masa Hidupnya Paus Gregori Telah Menyalin Ratusan Lagu-Lagu Gereja Dalam Notasi Gregorian Tersebut. Notasi Ini Memakai 4 Garis Sebagai Balok Not, Tetapi Belum Ada Notasi Iramanya (Hitungan Berdasarkan Perasaan Penyanyi. Di Sini Sifat Lagu Masih Sebagai Lagu Tunggal Atau Monofoni.

MUSIK ORGANUM 1150-1400
Pada Awalnya Orang Menyanyi Dengan Nada Yang Sama,Atau Disebut Dengan Organum, Nada Atas Dinyanyikan Oleh Wanita Atau Anak-Anak, Sedangkan Nada Rendah Dinyanyikan Oleh Laki-Laki. Di Sini Terjadi Susunan Lagu Berjarak Oktaf, Suara Tinggi (Wanita/Anak-Anak) Dan Suara Rendah (Laki-Laki).

MUSIK DIAFONI 1400-1600 (Lahirnya: Karakter Alto Dan Tenor)
Ternyata Tidak Semua Dapat Mengikuti Suara Tinggi Atau Suara Rendah. Oleh Sebab Itu Diputuskan Untuk Membuat Suara Yang Kuart Lebih Rendah Mengikuti Melodi, Kuart Tinggi Maupun Kuart Rendah, Dan Musik Yang Demikian Ini Disebut Musik Diafoni (Dia=Dua, Foni=Suara).

BASSO OSTINATO TAHUN 1600
Orang-Orang Italia Pada Tahun Sekitar 1600 Menemukan Apa Yang Disebut Basso Ostinato Atau Bass Yang Bergerak Gendeng Atau Gila, Berupa Rangkaian Nada-Nada Yang Bergerak Selangkah Demi Selangkah Ke Bawah Atau Ke Atas, Kemudian Diulang Pada Rangkaian Nada Lain.

MUSIK POLIFONI ERA BAROK 1600-1750
Ternyata Suara Yang Mengikuti Sama Dengan Melodi Menjadi Membosankan, Maka Mulailah Suara Tidak Bergerak Secara Sejajar, Maka Mulailah Dengan Arah Yang Berlawanan. Komponis Giovani Perluigi Da Palestrina (1515-1594) Adalah Perintis Tentang Hal Ini, Dan Disusun Teori Mengenai Musik Melodi Banyak (Polifoni), Sehingga Setiap Nada Atau Titik (Punctus=Point) Bergerak Secara Mandiri Atau Berlawanan (Counter),Di Sinilah Lahir Teori Kontrapun (Counterpoint=Kontrapunt).

Johan Sebastian Bach (1685-1750) Adalah Salah Satu Empu Musik Polifoni Dengan Teknik Kontrapun Yang Sangat Tinggi, Karena Disusun Seperti Matematik. Hampir Semua Komponis Era Barok (1600-1750) Menyusun Dengan Teknik Kontrapun, Misalnya George Frederic Handle Dari Inggris, Jean Remeau Dari Pernacis, Correli Dari Itali, Dlsb. Lagu Rakyat Dengan Gaya PolifoniAdalah Papa Yakob.
Pada Awalnya Orang Menyusun Dengan Kontrapun TerikatAtau Strict Counterpoint, Namun Kemudian Mendapat Kebebasan Berdasarkan Teori Kontrapun Bebas Atau Free Counterpoint.

MUSIK HOMOFONI ERA KLASIK 1750-1825
Selanjutnya Pada Era Klasik (1750-1825) Ditemukan Susunan Akord Yang Berdasarkan Tri-Suara (Triad), Selanjutnya Berkembang Dengan Empat Suara Atau Lebih. Musik Yang Demikian Ini Disebut Musik Homofoni, Sehingga Kontrapun Menjadi Variasi Melodi Yang Contrapuntists.

MUSIK KLASIK ERA ROMANTIK 1820-1910
Hampir Tidak Banyak Perubahan Dalam Kontrapun Dan Harmoni Secara Fundamental Pada Era Romantik (1820-1910), Namun Ada KemajuanDalam Orketrasi Lengkap (Dengan Penemuan Alat Musik). Era Ini Adalah Yang Terakhir Dan Masih Dapat Diterima Dengan Pendengaran Masyarakat Umum. Terutama Pada Musik Opera, Musik Balet, Dan Walsa Wina.

MUSIK KLASIK MODERN 1910-SEKARANG
Musik Modern Dengan Musik Atonal Dan Politonal Telah Jauh Dari Penggemar Musik Yang Menyenangi Musik Konvensional, Karena Suara Yang Disonan Dan Irama Yang Tidak Teratur Membutuhkan Konsentrasi Dalam Mendengar.


#P.S: Pesan Dari “King Jazz” (Bayu Wirawan): Era Jaman Musik Sudah Sekian Lama Bertransformasi Sedemikian Evolusioner, Revolusioner. Semua Orang Sudah Tahu Diseluruh Dunia Tentang Hal-Hal Ini, Apalagi Seorang Akademisi Music. Namun Mengapa Kok Sudah Melalui Perjalanan Jauh Dan Panjang Bersejarah Music Dimulai Dari Music Tradisional Dari Jaman Nenek Moyang Yang Sedemikan Popular Turun-Temurun Penuh Inovasi Ketrampilan Yang Ethnic’s Musik Merakyat, Namun Mengapa Kok Music Karawitan Nusantara Indonesia Justru Kualitasnya Masih Berkubang Di Dalam Selokan Kegelapan, Penuh Kedangkalan, Kebutaan, Dan Kebodohan Harmoni Music Dan Melodi, Terhadap Posisi Harmoni Musikalitas Dunia?? Seolah Hanya Menjadi Bangsa Yang “Bingung Ber-Metodologi Musik” Menyikapi Karawitan Nusantara Yang “Asal Metode”, “Asal” Proses Musikalitas Ditengah-Tengah Realita Actual Bermusik Yang Banjir Dari Mainstream (Akar Utama Berarus Bermuara Besar Pada Globalitas Music Dunia/World Music????). 

Sungguh “Bodoh” dan “Memalukan” ….. ;-)

No comments:

Post a Comment